tips meningkatkan percaya diri


kita pasti ingin lebih percaya diri dan merasa mampu menghadapi tantangan hidup. tapi kadang kita ngerasa kesulitan, patah semangat, BT, bermasalah dengan orang, dan lain sebagainya. kita ingin bisa secara mandiri bangkit dan kembali berjuang.
nah, mengubah tulisan tangan kita adalah salah satu caranya.
ada 4 hal yang akan kita ubah dari tulisan tangan kita dan masing-masing akan (seharusnya) berdampak pada 4 hal, yaitu:

> perasaan mampu menghadapi segalanya
> memperbaiki hubungan dengan orang lain
> kemampuan fokus dan konsentrasi
> tingkat energi kita sehari-hari, biar ngga loyo

masing-masing akan dibahas setiap minggunya.
jadi kita akan melakukan proyek mengubah tulisan tangan selama sebulan. lama juga ya, tapi wajar, mengingat kita sudah bertahun-tahun "terjebak" dalam tulisan tangan kita, jadi akan agak kagok pas awal-awal mengubahnya, jadi sengaja saya desain agak lama, biar jadi kebiasaan baru yang menguatkan kita.

tenang saja, perubahan yang dilakukan sangat sederhana dan mudah. lebih jauh lagi, setelah kita merasakan perubahan positifnya, kita bisa dengan mudah mengajarkannya pada orang lain, supaya mereka juga bisa berubah jadi lebih percaya diri.

langsung aja ya.

TOPIK PERTAMA
minggu ini kita akan bahas bagaimana meningkatkan perasaan bahwa kita mampu menghadapi apapun.

sedikit teori:
dalam grafologi huruf yang cukup sering dibahas adalah huruf t, ada banyak arti dalam cara seseorang menuliskan huruf t nya. salah satunya adalah menggambarkan kepercayaan diri seseorang bahwa dia mampu menghadapi masalah-masalah.
kemampuan ini terlihat dari t-bar. t-bar adalah garis melintang pada huruf t. seperti kita tahu, huduf t pada dasarnya cuma terdiri dari dua garis, garis vertikal ( | ) dan horizontal (-), t bar adalah garis horizontal pada huruf t.
seseorang yang memiliki kepercayaan diri biasanya membuat t-bar 3/4 dari tinggi garis vertikalnya, atau bahkan lebih tinggi, sampai di puncak huruf baru ada t-bar. jadi huruf t nya lebih mirip salib daripada tanda plus.
hal ini terjadi karena menaikkan t-bar seakan menempatkan diri kita di tempat yang tinggi. bayangkan saja huruf t adalah pohon, dan t-bar adalah diri kita, makin tinggi kita menempatkan diri kita menunjukkan seberapa jauh kita merasa mampu memanjat pohon itu.

curhat dikit:
saya termasuk orang yang kalau nulis dengan t-bar rendah, meskipun tampak PD banget, sebenarnya saya juga punya ketidak-PD-an dalam beberapa hal, seperti memulai bisnis, termasuk bikin event ini. Jadi saya mulai menulis dengan menaikkan t-bar saya, sulit sekali awalnya, karena ngangkat t-bar bikin saya harus dengan sadar memperhatikan setiap huruf yang saya tulis.
bagaimanapun hasilnya sepadan, rasanya enak menaikkan t-bar, membuar kita merasa muncul dari persembunyian kita, membuat kita merasa bangkit.

TUGAS:
jadi begini tugas Anda.
> selama seminggu ini, SETIAP HARI buat tulisan tangan satu halaman A4 penuh tentang apapun, dengan menaikkan t-bar pada setiap huruf t yang ditulis, bahkan sampai ada di puncak huruf t nya juga ngga apa-apa.
> tulisan bisa sambil sekalian nulis tugas kuliah, jawab soal UTS atau UAS, atau nulis diary, atau nulis daftar belanjaan, atau bikin laporan praktikum, laporan kegiatan, atau apapun.
> sampaikan pada saya tentang apa yang Anda rasakan setelah menulis dengan menaikkan t-bar, bales aja message ini, jadi saya tahu seberapa efektif pengaruhnya. tapi jangan baru nyoba langsung komen, biasakan dulu selama beberapa hari, baru kabari, oke oke,,,

catatan:
gunakan kertas tidak bergaris, supaya lebih bebas menulisnya.

PENUTUP
Okey,, ditunggu ya kabarnya,,,,

0 comments :

Posting Komentar

Cancel Reply