Trik bocah untuk membiasakan menabung

Apabila Anda adalah orang yang saat ini tidak punya tabungan, atau tabungan Anda ada pada kondisi yang belum dengan harapan Anda, maka tips berikut ini bisa coba Anda terapkan.
Tips ini adalah tips bocah yang fokusnya pada efisiensi dan pembetukan kebiasaan menabung sedikit demi sedikit. Jadi jangan berharap Anda akan mendapat jutaan dalam waktu singkat. Namun, Anda bisa mengandalkan cara-cara ini untuk menyisakan beberapa ratus ribu di akhir tahun, tanpa disadari.

Habituasi
Menabung adalah kebiasaan. Maka seperti juga kebiasaan lainnya, menabung dapat dipecah menjadi aktivitas kecil yang tidak terasa. Meskipun awalnya terasa remeh, lama-lama akan menjadi kebiasaan yang berdampak besar.
Beberapa pembiasaan yang mendukung pada rutinitas menabung adalah sebagai berikut.

Save first
Setelah mendapat uang, segera tabung dengan jumlah tertentu secara konsisten. Tidak perlu terburu-buru menetapkan persentase yang besar. Target kita adalah pembiasaan dan kenyamanan. Apabila langsung menetapkan target besar dan kita tidak nyaman, hampir dapat dipastikan kebiasaan tersebut tidak akan bertahan lama.
Para pakar memberi kisaaran 10 persen dari pendapatan untuk ditabung di awal. Namun, apabila ini terasa sulit sebenarnya berapapun boleh, selama nyaman, disisihkan di awal, lalu tidak diutak-atik sampai masa “pecah celengan” tiba.

Spare that note
Langkah lain yang bisa Anda coba adalah memilih untuk berpuasa dari nominal uang tertentu. Cara pembiasaannya adalah seperti ini, setiap kali Anda menerima uang dalam nominal tersebut, Anda harus menabungkannya. Misalnya saja Anda memilih nominal uang 20.000. maka setiap Anda mendapat uang dengan pecahan 20.000 Anda simpan uang itu.
Tantangannya adalah Anda  jangan tergoda untuk memecah atau menukar ke nominal lain. Selain itu Anda harus tegas untuk mengeluarkan uang lagi meskipun Anda masih memegang uang 20.000 ditangan. Misalnya Anda belanja 15.000 lalu Anda memiliki uang pecahan 20.000 dan 50.000 maka Anda harus tega mengeluarkan uang 50.000 untuk membayar, karena yang 20.000 adalah jatah tabungan.
Tips ini dilakukan oleh komunitas “hanya 20 ribu” yang sempat ramai di twitter. Tampaknya tips ini cukup manjur dan efektif bagi orang-orang yang ingin menabung dengan cara “permainan”.

Pennies

Kebiasaan menyimpan kembalian adalah kebiasaan baik. Anda bisa mengumpulkan 50.000-100.000 dalam sebulan hanya dari receh-receh kembalian. Jangan malu menjadi orang yang memiliki celengan recehan. Karena bisa jadi saat-saat tertentu kumpulan logam dengan cap bunga melati tersebut bisa menjadi kejutan yang menyenangkan.

0 comments :