Siswa dan mahasiswa, berhentilah mencatat di kelas!


Kalau Anda adalah siswa atau mahasiswa yang ingin lebih banyak mengingat pelajaran, bisa jadi caranya adalah dengan berhenti mencatat. Berhenti mencatat apa yang sedang dikatakan oleh dosen atau guru Anda. 
Mencatat sebenarnya mengganggu konsentrasi Anda dan perlu dihindarkan. Akan ada masanya Anda perlu mencatat, tapi bukan saat guru atau dosen menerangkan.
Sebagai penggantinya, lakukan hal-hal berikut ini. Dengan melakukan beberapa hal ini, bukan hanya ingatan Anda akan membaik, pemahaman Anda pun akan meningkat.

Curi start
Sehari sebelum atau setidaknya beberapa menit sebelum kuliah atau pelajaran dimulai, baca materi apa yang akan disampaikan oleh pengajar. Bila sempat buat outline atau garis besar catatan berisi apa yang kira-kira akan dibahas.
Melakukan ini akan membuat kita selesai melakukan 50% dari aktivitas belajar mengajar. Aktivitas sisanya hanyalah mencocokan, mengurangi, dan menambahkan apa yang disampaikan dosen atau guru dengan apa yang sudah kita pahami.

Diam dan dengarkan
Ini inti utamanya, saat Anda di kelas, diamlah, lalu perhatikan apa yang pengajar sampaikan. Saat pengajar bicara, jangan sama sekali mencatat. Pusatkan perhatian Anda untuk memahami apa yang disampaikan. Anda perlu berusaha dan meniatkan untuk mengingat sebanyak mungkin materi yang disampaikan.
Hal ini penting karena saat kita membagi perhatian antara mencatat dan mendengarkan kita akan kehilangan salah satunya. Saat kita menulis, kita cenderung tidak mendengarkan apa yang disampaikan. Hal ini mengakibatkan pemahaman kita menjadi tidak utuh.
Masalah lain yang muncul bila mendengar sambil mencatat adalah kita terlalu mengandalkan catatan kita. Kita jadi tidak sepenuhnya memperhatikan dengan alasan semua ada di catatan. Saat hal ini terjadi, kita mungkin mendapat konsep yang diajarkan, namun konteks pelajaran biasanya hilang.

Ikat setelahnya
Lalu kapan kita harus mencatat? Ya, kita pada akhirnya tetap harus mencatat, namun itu dilakukan di akhir. Setelah pelajaran berakhir, cek kembali outline yang kita buat, cocokkan dengan pemahaman yang baru saja kita dapat. Kita dapat melengkapi outline kita menjadi catatan lengkap setelah kita fokus memperhatikan pengajar.

Mana sempat

Kalau kita tidak sempat membuat outline, atau sebaliknya tidak memiliki waktu jeda antar pelajaran, maka Anda bisa melakukan hal berikut. Selama mendengar, tulis hanya kata kunci, buat diagram yang menghubungkan konsep-konsep yang diterangkan. Cara mencatat ini dikenal dengan mind mapping. Suatu metode yang ada baiknya Anda cari tahu lebih lanjut untuk bisa lebih mudah memahami materi.

0 comments :