Belum bekerja? Lakukan enam hal ini


Terlalu lama dalam posisi menganggur bisa membuat kita merasa rendah diri. Bukannya makin semangat, kita malah bisa makin minder. Akibatnya saat ada peluang, kita justru tidak menampilkan yang terbaik.
Ada enam hal yang bisa dilakukan agar kita tetap fresh dan percaya diri dalam proses mencari pekerjaan.

Pertama, jaga kondisi fisik.
Memiliki waktu luang berarti ada kesempatan untuk memperbaiki vitalitas tubuh. Jogging di pagi hari, selain membuat Anda tetap segar, juga akan membuat mood kita positif. Kita merasa memiliki rutinitas dan mencapai sesuatu. Tidak suka jogging? Ganti saja dengan olahraga favorit Anda. Poin pentingnya adalah lakukan aktivitas fisik yang mebuat stamina Anda tetap prima.
Hal ini penting dilakukan karena pemberi kerja tentu akan lebih memilih pelamar yang fit dan sehat daripada pelamar yang kelebihan berat badan, tak bersemangat, dan sakit-sakitan.

Kedua, jalin komunikasi dengan teman lama.
Sudah lama tidak bertemu dengan sahabat kental waktu SMA? Kangen dengan teman baik saat kuliah? Mungkin sekarang saat yang tepat untuk mencari tahu tentang kabar mereka. Gunakan facebook, email, atau kalau masih memiliki nomor ponsel mereka, sekarang waktu yang tepat untuk menggunakannya.
Kita tentu tidak harus bertanya apakah mereka memiliki lowongan kerja. Setidaknya mengenang pengalaman masa lalu bisa membuka kembali ide-ide yang mungkin pernah muncul namun terlupakan. Apakah itu ide membuka usaha, atau ide jenis pekerjaan yang selama ini berpeluang untuk kita geluti namun tidak pernah kita coba tekuni.

Ketiga, update curiculum vitae.
Ada baiknya kita secara rutin mengevaluasi resume atau curiculum vitae kita. Apakah ada proyek-proyek yang belum kita masukkan, kursus, training, bahasa baru yang belum kita cantumkan. Memperbaiki CV membuat kita fokus pada hal-hal psoitif yang kita miliki. Hal ini membuat kita selalu ingat bahwa kita memiliki kelebihan dan pengalaman yang berharga.

Keempat, volunteering is the way to go.
Waktu kita akan tetap berjalan apakah kita berdiam atau beraktivitas. Apabila Anda selama ini merasa lebih banyak menghabiskan waktu berdiam diri dan menunggu, ada baiknya Anda mulai mengajukan diri untuk beraktivitas di unit-unit kegiatan sosial. Selain menambah track record Anda, adanya rutinitas akan membantu Anda terus merasa berharga dan percaya diri.

Kelima, mencari kerja adalah pekerjaan.
Anda sejatinya bukanlah penganggur, pekerjaan Anda adalah mencari kerja. Artinya proses manajemen pencarian kerja tetap harus dilakukan. Alokasikan waktu anda menjadi rutinitas yang bermakna.
Aktivitas berikut ini yang sebenarnya perlu menjadi rutinitas Anda selaku pencari kerja. Mencari lowongan, luangkan pagi hari untuk googling lowongan kerja. Mencetak CV dan surat lamaran. Mengirimkan lamaran. Buat tiga hal ini menjadi rutinitas harian Anda. Anggap ini adalah job desk yang dibebankan pada Anda oleh atasan Anda. Merasa sebagai pekerja adalah latihan yang baik untuk selalu siap pada peluang yang ada.

Keenam, resapi filosofi benih.
Sebutir semangka memiliki ratusan biji. Dari jumlah itu mungkin hanya beberapa saja yang berhasil menjadi tanaman semangka baru. Konsep yang sama juga berlaku pada pencari kerja. Akan banyak lamaran yang Anda kirim akan gagal dan ditolak. Namun, jangan berkecil hati, karena cukup satu saja lamaran yang diterima dan Anda akan keluar dari status pengangguran.


0 comments :