Kamis, 23 Februari 2012

Berapa sih fee kang abu?

Haduh-haduh, terus terang, meskipun sudah sekitar sepuluh tahun di dunia training, ternyata pertanyaan ini belum juga terjawab.
Alasannya, karena memang saya belum memasang tarif.
Kenapa belum, karena saya belum punya tim yang harus saya biayai. Akan beda kasusnya kalau sudah seperti Mario Teguh atau Andrie Wongso, mereka pasang tarif mahal, karena memang uangnya bukan buat mereka saja, tapi untuk menghidupi timnya yang digaji dan memang hidup dari sana.
Bagaimanapun, untuk menjawab pertanyaan tentang berapa fee kalau ngundang pemateri, berikut ini penjelasannya. Berdasarkan pengalaman sih.
Mungkin bagi sebagian orang fee yang ada disini koq murah banget ya? Mungkin karena level kepopuleran juga kali ya, atau segmennya beda. Mario teguh misalnya, bayarannya sekarang sudah lebih dari 50juta per jam. Andrie wongso ada di 30juta per dua jam.

Sekolah
Beruntung saya pernah diundang oleh beberapa sekolah untuk berbagi ilmu. Biasanya guru yang mengundang saya, untuk mentraining siswa di sekolah mereka.
Nah, kalau Anda dalam kondisi sebagai guru dan mengundang pembicara, berapa harusnya Anda memberi fee? pegalaman saya biasanya sekolah memberikan 200-300ribu untuk pembicara dalam satu sesi. Ini bisa jadi pertimbangan Anda saat mengundang pembicara

Lembaga kemahasiswaan, siswa, dan nirlaba
Kadang meskipun saya mengisi di sekolah, yang mengundang saya bukanlah piha sekolah, tapi siswa. Kalau dikampus, berarti mahasiswanya yang ngundang, bukan pihak kampus.
Pada kasus ini ada beberapa skenario:
Pertama. Saya dekat dengan pengundang
Kalau yang mengundang saya adalah organisasi yang pernah saya ikuti, alias saya alumninya. Atau ada teman saya yang sms minta jadi pemateri. Kadang saya tidak dibayar, biasanya saya diberi buku, kue, dan bermacam benda unik lainnya. Meskipun kadang kalau lagi beruntung juga diberi "amplop." Kalau skenario ini sih, sebenernya tinggal tingkat kePDan aja yang berperan, cukup PD kah merasa jadi orang yang dekat dengan pembicara. ahahaha....
Kedua. Acara internal dan rutin vs acara "besar"
Dalam acara internal dan rutin, yang tidak memiliki anggaran besar, biasanya fee dari siswa dan mahasiswa besarnya kurang dari 100ribu. Namun, untuk acara yang "besar" seperti LDKO, dan semacamnya biasanya fee bisa antara 100-250ribu.

Lembaga semi profesional
Saya pernah menjadi penyelenggara juga untuk event training. Peserta kami dulu sekitar 20 orang per kelas. Fee yang kami tetapkan adalah 300-500ribu per sesi untuk pemateri yang kami undang.Bisa digunakan untuk yang memulai mendirikan bisnis event organizer.

Perseroan terbatas, CV, dan lembaga profesional lainnya
Mengisi di PT tentu adalah hal menyenangkan karena fee nya besar. Di PT yang  tetanggaan sama tempat saya kerja, menetapkan fee pemateri sebesar satu juta untuk satu sesi. Belum lagi kalau proyeknya inhouse training, bisa lebih dari itu.

Kerjasama Event Organizer (EO)
Salah satu bentuk fee lain adalah kerjasama. Ada teman saya yang memang hobinya bikin event training, lalu kita ada klausul tentang berapa fee pemateri. Selama ini ada dua skenario yang ditawarkan.
Pertama. Sharing profit
Jadi gini ngitungnya. Kita bikin event, setelah selesai, mulai kita menghitung keuntungan. Awalnya dihitung pendapatan dari uang pendaftaran peserta. Lalu dikurangi semua biaya dihitung. Mulai dari biaya bikin pamflet, pulsa buat sms peserta, sewa tempat, konsumsi, cetak sertifikat, modul, dan semuanya. Sisanya adalah keuntungan, dari keuntungan ini dibagi dua antara pemateri dengan event organizer. Sementara saya dan EO saya masih menggunakan skema 50%-50%
Lho kalau fee panitia gimana? fee panitia biasanya masuk ke biaya, jadi udah dipotong sebelum masuk keuntungan.
Kalau rugi gimana? Selama ini ngga pernah rugi banget sih, tapi pernah juga impas. Jadi ceritanya uang habis buat pelaksanaan doang. Di kondisi ini EO menanggung rugi karena biaya promosi ngga balik dan saya menanggung kerugian dengan ngga dibayar, hiks hiks,,,
Kedua, fee pemateri aja deh
Kadang ada juga yang males pake sharing profti, ga mood aja harus bikin laporan keuangannya. Bisa aja sih pake skema bayar sebagai pemateri. Berapa fee nya? ya sepakati aja, mau pake skema mana, yang ada di penjelasan sebelumnya. Keuntungannya ya kalau peserta banyak EO bisa banyak untung, tapi kalau dikit, jadinya rugi deh.

Nah, jadi gitu, kalau mau ngundang pemateri, udah ngga bingung lagi kan?
Oh iya, kalau ada yang berminat jadi EO training saya, boleh aja, silakan dibuat eventnya. Lumayan buat nambah pemasukan di waktu luang. Masalah fee udah tau kan sekarang gimana aturan mainnya.